100 Pengurus Masjid di Jakut Diedukasi Pemotongan Hewan Kurban

By Al


nusakini.com - Jakarta - Sebanyak 100 pengurus masjid di Jakarta Utara, disosialisasikan tentang tata cara pemotongan hewan kurban yang sesuai syariat serta sehat. Kegiatan yang diinisiasi Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) dan Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jakarta Utara ini menghadirkan narasumber dari Institut Pertanian Bogor (IPB) dan Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Kepala Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Utara, Rita Nirmala mengatakan, pemateri dari IPB menjelaskan tentang higienitas, sanitasi dan kesehatan hewan kurban. Sedangkan dari MUI menyampaikan materi tentang tata cara penyembelihan hewan kurban.

"Peserta merupakan perwakilan pengurus 50 masjid di Jakarta Utara. Kami harapkan mereka dapat menyerap dan menularkan materi yang didapat kepada rekan-rekannya," ucap Rita.

Dalam kesempatan itu, para pengurus dari 50 masjid juga diberikan bantuan berupa terpal, masker, sarung tangan dan pisau. Dipastikannya, pembinaan dan pendampingan akan terus dilakukan hingga H+3 Hari Raya Idul Adha.

"Jadi saat pemotongan akan ada petugas kita yang melakukan pengawasan ke masjid. Begitu juga dengan penampungan akan kita awasi," tandasnya.